Rabu, 06 Agustus 2014

Jambore Nasional di Yonif 413/Bremoro

SUKOHARJO (http://brigif6kostrad.blogspot.com/) - Sebanyak 1.400 siswa SMP SMA dari 35 kabupaten kota di Jawa Tengah mengikuti Jambore Nasionalisme Dan Karakter Bangsa Tingkat Provinsi Jawa Tengah Markas Batalyon 413/Bremoro Palur, Mojolaban, Sukoharjo. Pembukaan kegiatan dilakukan, Selasa (29/10/2013) dan dilaksanakan selama tiga hari kedepan.

Dalam pembukaan tersebut dipimpin oleh Nur Hadi Aminanto Kadis Pendidikan Propinsi Jawa Tengah. Hadirpula Haryanto Wakil Bupati Sukoharjo, Kolonel Inf. Agung Pambudi  Dan Brigif 6/ 2 Kostrad, Kompol. Anton Verda Eka Wakapolres Sukoharjo, Mayor Inf. Roby Suryadi Dan Yonif 413 Mojolaban.
Nur Hadi Aminanto saat membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah mengatakan permohonan maaf tidak hadirnya gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dikarenakan beliau mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudoyono  di Sumatera Barat. Meski demikian kegiatan jambore ini tetap dilaksanakan.


Menurutnya jambore bukan sakedar membangun kesantunan kesopanan tetapi menciptakan intelektual sehigga  muncul kreativitas. Namun demikian untuk mewujudkan  hal tersebut tidak semudah membalikan tangan, harus disertai keberanian,  kedisiplinan, kerja keras tetapi tidak mengapa karena sebagai penggodokan untuk mencapai tujuan.

Selain itu senantiasa 4 pilar tidak boleh dicabut yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dan harus ada disetiap detak jantung pemuda dan bangsa sehingga  muncul manusia berakhlak, berkualitas  yang bisa ditauladani dan dapat menangkap ancaman negara yang nyata.

Jambore diisi diskusi, olah raga refleksi tindakan serta berbagai lomba prestasi sebagai pembinaan watak berjiwa Pancasila sebagai daya tangakal ketahanan nasiional. Sementara ajaran Trisakti Bung Karno sebagai dasar untuk membentuk kebudayaan nasioanal. Selain itu Jambore sebagai bentuk kesadaran berbangsa yang cinta damai dan kemerdekaan serta menghormati Merah Putih dan Pancasila  sebagai dasar negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar